Senin, 23 Januari 2017

Logo dan Makna Wonderful Indonesia

Sebenarnya sebagai orang Indonesia tulen, kita sudah tidak ragu lagi dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. ada banyak sekali ciri khas yang hanya bisa ditemukan di negara tercinta kita ini. Dengan banyaknya tempat wisata yang ada di negara kita, maka menteri pariwisata kita ini ingin membungkus semua yang ada di Indonesia dengan satu simbol yaitu Wonderful Indonesia.













Sejarah Logo :
Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia adalah janji pariwisata Indonesia kepada dunia. Kata “Wonderful” atau “Pesona” mengandung janji bahwa Indonesia kaya dengan ketakjuban, dari segala aspek manusia maupun alamnya, yang mengusik kalbu dan menjanjikan pengalaman baru yang menyenangkan.

Konsep Logo :
Burung yang suka berkelompok melambangkan hidup damai antar sesama di alam sentosa. Burung juga satwa dengan populasi terbesar di Indonesia dan menjadi lambang bangsa. Rentangan sayap berarti keterbukaan, hasrat untuk terbang jauh, melintas batas. Sifatnya semesta, dikenali oleh semua. Tulisan “Indonesia” berwarna hitam yang lebih besar daripada “Wonderful” atau “Pesona” mengedepankan dan memperkuat Indonesia diantara persaingan pariwisata internasional.

Filosofi Bentuk :
Luwes, serba lengkung, tanpa sudut persegi ataupun garis lurus, memaknakan besarnya arti keseimbangan dan keselarasan manusia dengan Alam dan antar sesama di Bumi.

Komponen Logo :
Logo Wonderful Indonesia atau logo Pesona Indonesia terdiri dari komponen logo burung yang disebut logogram, dan tulisan “Wonderful” dan “Indonesia” atau “Pesona” dan “Indonesia” yang disebut logotype. Dalam pengaplikasiannya pada berbagai media, kedua komponen logo ini tidak boleh dipisah.

 Berikut adalah makna dan arti dari logo Wonderful Indonesia.
  1. Bentuk logo mengambil konsep Garuda Pancasila sebagai dasar Negara akan tetapi dengan pengolahan yang modern.
  2. Lima Sila digambarkan berupa 5 garis warna yang berbeda dan merupakan simbol diversity Indonesia yang penuh dengan keanekaragaman.
  3. Logo diolah menjadi bentuk dan warna yang dinamis sebagai perwujutan dari dinamika Indonesia sebagai negara berkembang
  4. Jenis huruf dan logo diambil dari elemen otentik Indonesia yang disempurnakan dengan sentuhan modern.
Adapun lima kreteria dari Wonderful Indonesia adalah :
  1. Wonderful Nature (alam yang indah)
  2. Wonderful Culture (budaya yang indah)
  3. Wonderful People (orang yang indah)
  4. Wonderful Food (makanan yang indah)
  5. Wonderful Value of Money (nilai uang yang indah)

Dengan adanya logo tersebut maka wisatawan dari berbagai mancanegara akan lebih mengenal negara Indonesia secara lebih dekat lagi, dan hal yang lebih diinginkan lagi yaitu sektor pariwisata kita akan jauh lebih meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih